29.5.11

Nachtalb dan Fenomena "Ketindihan"

Oke, postingan horor lagi nih... pernah nggak di antara kalian ada yang waktu lagi tidur dan mimpi buruk tiba-tiba nggak bisa gerak atau bahkan nggak bisa nafas. Kalian mau teriak minta tolong aja nggak bisa, karena mulut kalian nggak mau kebuka, atau kebuka tapi nggak ada suaranya. Sampai orang yang tidur di sebelah kalian sadar kalian agak aneh terus berusaha membangunkan kalian dan akhirnya fenomena aneh itu berakhir. Secara ilmiah hal ini namanya sleep paralyze. Semacam kelumpuhan mendadak di kala tidur. Kebetulan gw nggak tau banyak soal versi ilmiahnya, jadi gw nggak tau apa penyebabnya secara ilmiah. Kita yang masih percaya takhayul atau Aberglaube menyebut fenomena ini dengan "ketindihan". Entahlah apa yang menindih kita sampai nggak bisa gerak dan nggak bisa nafas pokoknya itu semacam makhluk halus yang hiiii... Intinya gara-gara fenomena ini kalau kita nggak segera disadarkan bisa benar-benar lewat.

Nachtmahr, by Johann Heinrich Fuessli

Dalam bahasa Jerman, "mimpi buruk" disebut Alptraum atau Albtraum (berasal dari bahasa Althochdeutsch, dan bisa ditulis dengan 'p' maupun 'b'). Kemudian fenomena semacam ini disebut Nachtalb. Bangsa Jerman kuno atau yang masih percaya dengan Aberglaube rupanya percaya pula dengan fenomena ketindihan ini. Makhluk yang menindih kita ketika tidur ini disebut Mahr (maka itu dikenal pula sebutan Nachtmahr yang menjadi asal kata Nightmare dalam bahasa Inggris). Mahr berkendara dengan kuda dan menyusup pada malam hari lewat lubang kunci atau lubang kecil di dinding rumah berupa semacam benda hitam kecil yang kemudian berubah wujud menjadi sosok manusia atau hewan yang menindih orang yang sedang tidur hingga mengalami ketakutan, mimpi buruk dan kesulitan bernafas. Kadang-kadang ia suka memainkan rambut orang yang sedang tidur sehingga ketika bangun tiba-tiba orang tersebut mendapati rambutnya telah terikat-ikat dan kusut.

Apakah atau siapakah Mahr ini sesungguhnya? Ada beberapa kepercayaan pada masyarakat Germania dan Nordic kuno berkaitan dengan Mahr ini. Ada yang mengatakan, Mahr ini adalah makhluk kesepian seperti Werewolf namun sosoknya adalah wanita, dan umumnya ia akan melakukan hubungan seksual dengan pria yang ditindihnya. Semacam karakter yang erotis gitu. Dikatakan bahwa Mahr ini adalah sosok wanita yang dikutuk sehingga rohnya dapat berjalan-jalan sendiri saat tidur tanpa disadari dan kemudian menghantui orang-orang yang sedang tidur. Namun ada pula yang berpendapat bahwa Mahr adalah para penyihir yang berubah menjadi hantu atau sosok lainnya dan menyebarkan penyakit, kemalangan di beberapa wilayah Skandinavia. Ia juga dapat datang dalam sosok hewan seperti kodok, kucing, anjing, bahkan lebah. Pada abad pertengahan, Mahr dipercaya sebagai arwah orang yang sudah meninggal atau roh-roh penunggu hutan dan gunung seperti elf atau dwarf. Ada pula orang yang mengasosiasikan Mahr sebagai wujud lain dari Odin atau Frigga (Frau Holle).

Secara ilmiah, hal ini memang sudah dapat dijelaskan. Namun, kebanyakan orang percaya pada Aberglaube. Entahlah mana hal yang benar di antara keduanya.

23.5.11

PKJ: Frauen in Romantik und Die Schlesische Weber

FRAUEN IM ROMANTIK
- pada masa ini pengarang2 wanita yg berintelektualitas tinggi, kritis terhadap politik dan minat pd sastra mulai bermunculan.
- Sebelumnya mereka menerbitkan karya di bawah nama suaminya atau secara anonim
- Wanita mulai mendapat kebebasan utk mengikuti keinginan hatinya, memilih jodoh sendiri, cth: Effi Briest.
- Pengarang2 wanita yg terpenting adalah:
1. Dorothea Schlegel
- Istri dari Friedrich Schlegel dan putri dari filsuf Moses Mendelssohn
- Tinggal bersama suaminya di Jena dan Paris
- Karyanya: Florentin (1801)
2. Karoline Schlegel-Schelling
- Istri dari August Wilhelm Schlegel dan Wilhelm von Schelling
- Bersama suaminya menerjemahkan banyak karya Shakespeare
- Membentuk sebuah perkumpulan (Zirkel) di Jena yg beranggotakan seniman2 dan filsuf.
3. Rahel Varnhagen von Ense
- Pelopor kultur salon di Berlin, mendirikan sebuah Zirkel di Berlin
- Seorang penulis, namun karya2nya sulit diterima karena ia seorang Yahudi
- Sumbangan terbesarnya: kultur salon di Berlin, kumpulan surat2 dengan teman2nya yg didokumentasikan dan berisi diskusi serta pemikiran2nya yg memiliki orisinalitas dan kritis.
4. Bettina von Arnim
- Pengarang wanita yg terpenting di era Romantik
- Saudara dari Clemens Brentano dan istri Achim von Arnim
- Berkarya setelah suaminya meninggal
- Memiliki keberanian mengkritik: siapa yg lebih jahat, pencuri yg mencuri krn lapar? Atau negara yg membuat kondisi pencuri spt itu?
- 1844 menerbitkan Armenbuch -à jadi korban sensor
- Menulis karya yg berupa seolah2 percakapannya dengan Goethe yg berisi ide2nya ttg kondisi sosial politik di Jerman yaitu: Goethes Brieffessel mit einem Kind dan Dies Buch Gehoert dem Koenig.
- 1840 menerbitkan biografi teman pengarangnya, Karoline von Gunderode yg meninggal bunuh diri krn Unglueckliche Liebe pd usia 26 thn. Karya Gunderode yg terkenal adalah Gedichte unt Phantasie.
- Romantik menyebar dari Jena dan Berlin ke negara2 lain dan memunculkan pengarang2 juga spt di Inggris (Lord Byron), Prancis (Victor Hugo) dan Rusia (Aleksander Puschkin)
- Romantik berakhir pada revolusi 1848 di Jerman.

DIE SCHLESISCHE WEBER
- Merupakan puisi karya Heinrich Heine yg ditulis pada tahun 1844 dan terinspirasi oleh kejadian pemberontakan buruh tenun di Silesia yg menewaskan 11 org pd tanggal 5 juni 1844
- Dalam puisi tersebut Heine menyalahkan (mengutuk) 3 pihak
1. Tuhan: dianggap gagal sebagai sumber harapan dan tidak menjawab doa
2. Raja: dianggap gagal melindungi dan menyejahterakan warganya
3. Tanah air: yang ada hanya kemalangan dan kemalasan
- Karya Heine ini menginspirasi seorang sastrawan lain yaitu Gerhard Hauptmann yg menulis drama “die Weber” dan dilarang dipentaskan di berbagai tempat. Drama ini terasa lebih nyata krn ada personifikasi pihak2 yg terkait:
1. Hilse (tentara) à saleh pd Tuhan tp tdk peduli sesama
2. Dreissiger (pemilik pabrik) à pelit
3. die Weber
- Karya Hauptmann dianggap mendekati peristiwa aslinya karena kakeknya diduga juga merupakan salah satu buruh tenun yang pada saat itu ikut protes dan memberontak.
Analisis tentang Die Schlesischen Weber:
Sekitar tahun 1844, Revolusi Industri di Jerman masih sangat baru dan belum semaju Inggris. Sementara di Inggris sudah banyak mesin-mesin yg digunakan untuk membuat kain/pakaian, di Jerman industri ini masih bersifat rumahan. Para penenun membeli bahan mentah dari penjual dan mengerjakan tenunannya secara manual (hanya pakai kursi tenun). Hasil yg mereka dapatkan dari hal ini sangat kecil dan sedikit. Apalagi pada masa itu sedang terjadi kesulitan pangan dan kelaparan di Silesia karena gagal panen. Harga bahan mentah yg dijual sangat tinggi membuat keluarga-keluarga penenun kelaparan dan mulai memakan korban.
Pada tanggal 3 Juni 1844 ada sekitar 3000 penenun yang melancarkan protes pada Zwanziger, seorang pemilik pabrik untuk menghargai hasil kerja mereka dgn sedikit lebih mahal. Namun Zwanziger menolak sehingga para penenun menyerang rumahnya dan menghancurkan pabriknya. Peristiwa ini berusaha diatasi oleh negara dengan mendatangkan tentara Prussia ke sana. Pada tgl 5 Juni 1944 terjadi bentrokan antara tentara dan para penenun yg menewaskan 11 orang. Banyak penenun yg ditangkap dan dijebloskan ke penjara.
Tiga pihak yg diberikan kutukan dalam puisi Heine yaitu Tuhan, Raja dan Tanah air merupakan simbol dari 3 pihak yg dijadikan tujuan sumpah tentara Prussia. Jerman tua (Altdeutschland) maksudnya menggambarkan era ketika Jerman belum jadi Konfederasi tetapi masih berupa kerajaan-kerajaan yg absolutismus karena keadaan pada thn 1844 nyaris tidak ada bedanya dgn penderitaan pada masa Absolutismus.

PKJ: Allgemeine Romantik part 2

FILOSOFI ERA ROMANTIK
- Idealismus : pengaruh pemikiran Schiller dan  Humanisme Klasik à pendidikan moral itu penting
- 2 tokoh filsuf:
                a. Schelling: manusia kreatif dan punya makna krn dpt mencipta
                b. Fichte: manusia harus mampu memahami dunia
- Kedua tokoh tsb dipengaruhi o/ Immanuel Kant (Kritik der Reinen Vernunft) à mementingkan individu.
- Perubahan persepsi ttg individu. Dulu: individu hanya dipandang sbg individu. Sekarang: individu dpt digunakan utk mempelajari dunia.
- Alam dijadikan inspirasi penulisan puisi dan dimistisasi à pengaruh pandangan J.J.Rousseau
- Pemikiran manusia semakin jauh dr akal.

HEGEL DAN DIALEKTIKA
- Hegel adalah seorang filsuf era Romantik yg terkenal dgn teori dialektikanya dan mempengaruhi Marx dan Engel.
- Filsafat dialektika: salah satu cara berpikir yg terdiri dari tesis, antitesis dan sintesis yg saling bergantung dan berhubungan. Teori ini diumpamakan o/ Herr dan Knecht (tuan dan budak).
Thesis: Ada Herr punya Knecht
Antithesis: Knecht berusaha dan bekerja agar ia menjadi Herr.
Sintesis: Knecht jadi Herr, punya Knecht lain (balik lagi ke kondisi awal).
à jadi selalu ada upaya dari Knecht untuk memperbaiki dirinya dan menjadi Herr juga.
- Pemikiran ini digunakan utk menggambarkan sejarah yg dianggap sebagai sebuah garis waktu yg linier. Sejarah (dan kesalahan di masa lalu) digunakan sbg alat untuk memperbaiki diri di masa depan.

CIRI SASTRA ERA ROMANTIK
- Bertema fantasi à Kunstmaerchen = dongeng yg dikarang
- Mengidolakan Mittelalter à Schauerroman = cerita2 mistis
- Latar belakang malam
- gaya bahasa metafora dan personifikasi
- wanita mulai banyak berperan
- menggambarkan 4 Sehnsucht
- Pengarang2: Ludwig Tieck, Novalis, ETA Hoffmann, Wardenrocke, Schlegel, Clemens Brentano, Achim von Arnim, Gebrueder Grimm, dll.
- Pengarang banyak yg dari golongan Burgertum (pagi kerja, malam menulis)
- Karya2 puisi banyak dimusikalisasi o/ Franz Schubert.

LUKISAN PEMANDANGAN DI ERA ROMANTIK
- Ciri: menggambarkan pemandangan yg luas dan tak terbatas, manusia digambarkan kecil/hadap belakang/tak terlihat, menggambarkan bahwa manusia tidak ada apa2nya dibanding alam, mengutarakan kesepian dan memiliki pesan filosofis.
- Pelukis terkenal: Philipp Otto Runge, Caspar David Friedrich
- ada pula lukisan2 religius pengaruh mittelalter
- Kelemahan: kurang menggambarkan situasi politik, terbalik dgn kenyataan.

SENI ARSITEKTUR ROMANTIK
- Historismus à dipopulerkan o/ kelompok di Nazarener. Gaya ini sejak zaman Mittelalter, melukis tokoh2 sejarah dan religius.
- Pada bangunan ditemukan gaya Yunani/Antike
- Mengusung semangat nasionalisme
- Kota2 penguasa dibuat megah dan indah
- Proyek terbesar: Kolner Dom à dianggap Heine spt Bastille

PKJ: Allgemeine Romantik part 1

ALLGEMEINE ROMANTIK

PENGANTAR

- Keadaan politik kacau ---> Revolusi Prancis mencapai puncak pada masa Napoleon. Napoleon melakukan ekspansi, mengangkat diri sbg kaisar (kembali ke absolutismus?), politik tdk stabil.
- Seni dan sastra jadi media ekspresi diri kaum Burgertum
- Perbedaan filosofi dan pemikiran dgn Aufklaerung. Aufklaerung mengutamakan rasio dan akal budi. Romantik menitikberatkan pada perasaan, hal2 yg tidak nyata.
- Individualisme dan keterasingan manusia akibat industrialisasi (semua diganti mesin, manusia jarang berkomunikasi ketika bekerja, rumah dan tempat kerja terpisah) mengakibatkan manusia ingin kembali pada hal2 yg sifatnya fantasi, tdk masuk akal, mistis, harmoni dan mengutamakan perasaan.

KEKUASAAN NAPOLEON DI JERMAN
- Jerman masih berbentuk Kekaisaran Romawi Suci
- Napoleon mengekspansi Jerman, dan pada tahun 1801 dibuat kesepakatan: daerah sebelah kiri S.Rhein dikuasai Prancis, daerah sebelah kanan S.Rhein utk raja2 Jerman.
- Napoleon melakukan kebijakan2 spt: Landreform (penghapusan feodalisme dan kebijakan petani-tuan tanah), reformasi pendidikan (tokoh: Wilhelm von Humbolt), modernisasi tentara.
- Akibat ekspansi Napoleon ini nasionalisme Jerman bangkit ---> lewat nostalgia masa lalu. Tokoh2 nasionalisme Jerman:
1. Friedrich Schlegel: seorang sastrawan Jenaerromantik (Vorromantik), menyatakan: pada era baru ini Jerman harus mencapai kejayaan spt Yunani (menjadi pusat kebudayaan Eropa).
2. J.G. Fichte: seorang filsuf yg pertama kali menyebut “Deutsche Nation”
3. Ernst Moritz Arndt

NAPOLEON DAN ORANG-ORANG SEZAMANNYA
- Napoleon sangat berpengaruh dan dikagumi banyak orang. Beberapa di antaranya adalah Hegel dan Beethoven.
- Beethoven adalah seorang pemusik keturunan Belanda yg berkarya di Jerman. Pd usia 4 tahun ia belajar piano dan pada usia 20 thn pindah ke Wina untuk berkarier musiknya. Terkenal dgn Kammermusik (musik yg dimainkan dalam sebuah ruangan kecil khusus di istana ketika seniman masih bekerja pd bangsawan). Ia menciptakan karya2 simfonie yg mementingkan perasaan. Beberapa karyanya:
a. Symphonie Eroica à tadinya Symphonie 3 dan dipersembahkan utk Napoleon yg dianggap sebagai seorang pejuang demokrasi dan hak2 asasi manusia. Diharapkan dpt membawa Eropa menuju perubahan zaman dan meninggalkan Absolutismus. Namun pengangkatan diri Napoleon sbg kaisar membuat Beethoven kecewa dan mengubah isi dari Symphonie 3 dan memberinya judul Eroica (Heroik/ kepahlawanan, krn ia mengharapkan sosok pahlawan yg dpt membawa perubahan di Eropa).
b. Ode an die Freude à musikalisasi puisi Schiller, dan mencerminkan industrialisasi, semangat dan kebersamaan yg melatarbelakangi zaman tsb.
c. Für Elise
- Goethe mempengaruhi zaman ini lewat karyanya “Faust II” yg mengajak manusia mempercayai bahwa mereka memiliki kekuatan tak terbatas dan berpikir lebih rasional. -à manusia punya kekuatan utk mewujudkan keinginannya.
- Seniman dan sastrawan menjadi tokoh2 yg dikagumi hingga biografi mereka pun jadi genre karya sastra yg disukai
- Muncul sastrawan Inggris terkenal : George Byron -à pengikutnya disebut Byronismus (menyukai karya dan hidupnya).

KEDUDUKAN SENIMAN PADA ERA ROMANTIK
- punya kebebasan berkarya, tdk lagi terikat dgn istana
- muncul institusi2 seni dan sastra spt perpustakaan, akademi, museum,dll -à menyebarkan karya2 seni pd masyarakat.
- Ada jarak antara seniman dan publik, seniman tdk tahu selera/ yg diinginkan publik, berbeda dgn ketika di istana. Dampak: penghasilan tdk tentu à digambarkan dlm lukisan Carl Spitzweg “der Arme Poet”.
- Seniman menganut gaya hidup Bohemian: tdk berorientasi pd kemapanan, hidup utk bersenang2, jalan2 utk cari inspirasi. à jd stereotipe seniman skrg.
- Pengarang2 wanita mulai muncul

PKJ: Deutschland, Ein Wintermaerchen dan Revolusi Industri

LATAR BELAKANG ZAMAN

-Revolusi Industri (perubahan secara cepat di bidang industri), dimulai di Inggris sekitar abad 19. Dikatakan bahwa pemicu awal munculnya Revolusi Industri adalah penemuan mesin uap dari James Watt.
-Yang terjadi pd masa Revolusi Industri:
1.       Penggantian tenaga manusia dgn mesin
2.       Pengangguran (krn tenaga manusia diganti mesin)
3.       Kapitalisme : sebuah sistem ekonomi yg memberikan kebebasan (hak) bagi siapapun yg memiliki modal utk membuka usaha. Merupakan sistem ekonomi yg berat karena ternyata tidak hanya sekedar modal saja yg diperlukan melainkan juga keterampilan, skill, dll. yg menimbulkan persaingan ketat di masyarakat.
---> Kapitalisme menghilangkan Feodalisme (akibat kebijakan Landreform/restrukturisasi bagi para petani yg dibuat Napoleon ---> diterapkan juga di negara2 yg diekspansinya). Kebijakan Landreform membuat petani: digaji dgn uang, tdk terikat tuan tanah tp bebas kerja di mana saja, punya hak. Walau demikian kaum petani ini ttp sengsara karena gaji mereka sgt kecil.
4.       Urbanisasi : dibangunnya jaringan rel kereta api di Eropa (trmasuk Jerman) telah memudahkan akses manusia untuk berpindah tempat. Banyak petani2 miskin di desa tertarik pindah ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yg lebih baik. Kenyataannya jumlah lapangan kerja tdk sebanyak pencari kerja sehingga pengangguran terjadi di mana2.

DEUTSCHLAND, EIN WINTERMÄRCHEN

- Sebuah tulisan karya Heinrich Heine yg ditulis pada tahun 1844
- Dianggap Heine sebagai “dongeng musim dingin”. Dongeng, cirinya: fantasi, tdk masuk akal, ada pesan moral. Musim dingin diasosiasikan dgn: kesulitan, penderitaan, kegelapan, masa suram.
- Menceritakan perjalanan khayalan Heine dari Prancis ke Jerman dalam rangka mengunjungi ibunya, di sana ia bertemu dan melewati kota2 yg satu persatu menggambarkan hal-hal yg dikritiknya.
- Bentuk: puisi/lirik dlm 27 Kaput
- Isi         : kritik satire atas penyebab keadaan Jerman di masa itu à pemerintahan absolutismus.
- Yang dikritik Heine:
1) Jerman yg dianggap belum berbuat apa2, tdk inovatif sbg bangsa. Heine membandingkan dgn Prancis (revolusi pemerintahan) dan Inggris (revolusi industri) sementara Jerman masih memegang dan melestarikan nilai2 lama yg bertentangan dgn semangat revolusi Eropa. Kritik ini digambarkan lewat pembangunan Kolner Dom yg tdk selesai2. Kolner Dom = gereja katedral yg sangat besar di Koln à simbol institusi yg telah mengakar, konvensional, sejak zaman mittelalter dan tidak menunjukkan progresi.
2) Monarki absolut di Jerman
3) Jerman yg hanya bisa berpikir namun tanpa tindakan (dibuktikan dgn banyak filsuf)
4) Kebebasan berkarya yg sgt terbatas di Jerman
5) Ketidaksejahteraan buruh akibat Revolusi Industri à digambarkan dgn pekerja2 di wilayah Westfallen.
Kesemua permasalahan di atas dianggap Heine tdk ditanggapi secara serius o/ pemerintah à tdk ada solusi dr partai/pemerintah yg membuat UU kesejahteraan buruh.
- Heine adalah seorang sastrawan dari keluarga kaya Yahudi dan banyak menulis kritik atas pemerintah dan negara sehingga karya2nya banyak yg dilarang terbit dan disensor.
- Karya Heine memicu: pergerakan buruh, perjuangan akan hak2 buruh, dibuatnya UU perlindungan buruh.

22.5.11

Kerudung Merah

Ketika aku membuat janji dulu
Aku berjanji tidak akan jatuh terlalu jauh
Namun apa daya
Hutan itu terlalu lebat dan mempesona
Dan laut itu lebih dalam dari yang lalu


Sebelum aku membuat janji dulu
Ibu berpesan padaku
Agar berhati-hati dengan serigala di hutan
Telah ia temui serigala itu dulu
Dan nyaris tak mampu lepaskannya


Lalu kini aku bertemu dengannya
Dan telah jatuh cinta dengan keindahan hutan
Walau ingatan selalu kembali
Pada rumah hangat tercinta di tepi


Biarlah hutan dan gelapnya menelanku
Izinkan laut yang dalam melahapku
Dan aku bermimpi membawa sang serigala
Pulang ke rumah, ke tempat ibu




By LV~Eisblume
22.05.11
for my life...

21.5.11

Pelarian

Dulu aku dibuang kenyataan
Maka aku berlari pada teman-teman
Ketika teman-teman membuangku
Aku berlari pada khayalan
Lalu khayalan pun membuangku
Maka aku berlari pada bintang panggung itu
Namun ia pun membuangku
Sehingga aku berlari pada prajurit penerbang
Aku dibuang lagi
Dan aku berlari pada orang asing yang kutemukan
Kali ini aku tidak dibuang, tapi terbuang
Karena ia milik seseorang
Maka aku berlari pada sang penjaga gawang
Yang sayangnya terlalu jauh
Aku berlari lagi pada ia yang kuanggap dewasa
dan yang kali ini,
Ia membuangku seolah aku sampah
Sampai aku punya tempat pelarian lagi,
seorang ksatria.
Ksatria yang setia mengabdi dan melindungi
Seolah aku sang wanita pujaan
yang tinggal dalam kastil dongeng.
Ksatriaku, aku tak ingin kau lakukan hal yang sama
Kalau kau membuangku juga, aku tak tahu harus berlari ke mana,
karena aku tak punya pelarian lagi...



by LV~Eisblume
21.05.11
for my dark experience, and my wish...

15.5.11

Serenada

Lembut memohon lagu-laguku
Lewati malam menuju dirimu
Dalam kesunyian hutan nan lebat
Cinta, kemarilah

Berbisik mendesau pucuk-pucuk pohon
Dalam sinar rembulan
Pengkhianat mencuri dengar
Takut, Sayang, jangan

Dengarkah engkau burung gereja
Oh, mereka memohon padamu
Dengan ratapan manis
Mereka memohon untukku

Mereka mengerti kerinduan batin,
mengenal sakitnya cinta
Menyentuh dengan suara peraknya
Tiap hati yang lemah

Biarlah dada menggerakkanmu juga
Cinta, dengarlah aku
Gemetar aku merindu menghadapmu
Mari, bahagiakanlah aku

12.05.11
~ translated by LV~Eisblume 

Puisi ini merupakan hasil iseng terjemahan gw (iseng loh ya jadi kalo ada kesalahan translate maafkan gw yg bhs Jermannya masih Sprache 2 ini..) dari karya Ludwig Rellstab yang judulnya Staendchen. Versi Jerman dari puisi ini tergabung dalam satu rangkaian kumpulan puisi berjudul "Schwanengesang" atau Nyanyian Angsa. Versi Jermannya juga telah dimusikalisasi oleh Franz Schubert.