10.2.11

Tips-tips Belajar Bahasa (just wanna share with you..)

Di notes ini gw cuma mau share tentang cara-cara gw belajar bahasa. Mungkin kalau teman2 di FIB yang ngambil jurusan sastra ada yang sebelumnya dari IPA atau IPS dan nggak terlalu akrab dengan belajar bahasa asing, ada beberapa tips dari gw. Atau mungkin di antara kalian ada yang pernah bertanya gimana caranya gw belajar? Here's the fact...

1. Kalau ada di antara kalian yang berpikiran bahwa gw belajar sepanjang hari dan setiap hari nonstop, itu SALAH BESAR! Kalian yang aktif di FB atau twitter pasti justru sering lihat gw nyaris gak pernah offline kecuali kalo lagi di kampus. Jadi kalo ada dari kalian yang masih suka maksain diri buat belajar sepanjang hari nonstop gw sarankan untuk berhenti karena itu buang2 umur dan bikin sakit.

2. Nah, ini tips pertama yang wajib ada dulu. Susah sih, tapi dampaknya akan sangat besar untuk melakukan tips2 selanjutnya dan mendapatkan hasil yg maksimal: Cintailah bahasa tersebut! Dengan adanya rasa cinta, akan lebih mudah untuk mengumpulkan semangat buat belajar bahasa. Gw punya motto dalam belajar: "lebih baik nggak bisa sama sekali tapi suka, daripada sangat mahir tapi nggak suka". Kalau kita udah suka sama bahasa tersebut, akan lebih mudah untuk mempelajarinya. Sebaliknya kalo gak ada rasa suka, kita jadi cenderung malas untuk berlatih. Jadi kalau ada dari kalian yang merasa ga suka sama jurusan atau bahasa yg kalian pelajari, ada baiknya mempertimbangkan pilihan mengikuti SIMAK lagi untuk mendapatkan jurusan yg kalian inginkan. Belajar tanpa cinta = tersiksa! Seriously, I've had that feeling for Math and any number-related stuff -_____-"

3. Cara belajar bahasa gw yang lain adalah cara yang paling menyenangkan sedunia. Lewat lagu, film, atau baca media yang pakai bahasa tersebut! Dijamin kosa kata kita bisa jadi banyak, telinga kita lebih sensitif buat denger percakapan dlm bhs tersebut, dan tentunya pelafalan kita dlm berbicara pun semakin bagus karena kita akan cenderung meniru native speaker dalam lagu atau film tsb. Buat teman2 sastra Jerman, gw punya beberapa saran lagu2 atau film yg mungkin bisa dipakai ^^ feel free to ask :)

4. Cara ketiga gw adalah dengan menjalin persahabatan dengan teman native speaker. Buat ini bisa dicari di internet, misalnya di www.interpals.net :) Kalau udah dapat temen, coba lanjut ngobrolnya via chat, e-mail atau bisa juga kirim2an postcard dan surat. Tapi... coba nulisnya pakai bahasa yg kita pelajari, nanti minta dia koreksi. Lumayan kan? Kita jadi tahu bahasa yg non-resmi, atau percakapan sehari2.

5. Cara lain lagi yang sering banget gw lakukan. Banyakin praktek ngomong, bisa sama temen sejurusan dulu yg paling deket dan mudah. Jangan takut dibilang sok bisa, sok jago, mau nyombong, dll. Namanya belajar bahasa mana bisa tanpa latihan ngomong. Kalo malu ngomong, coba terapkan di hal-hal kecil, kayak pas ngitung sesuatu, atau hal2 yg kita lakukan untuk diri sendiri :)

6. Cara kelima ini udah umum sih, jangan malas liat kamus kalau nemuin kata baru. Hehehehe...:)

Pengetahuan bahasa didapat lewat pengalaman (PLU mode:on), jadi cara terbaik ya banyak2lah praktek ^^ semoga berguna untuk semester2 ke depan :D semangat teman2 !!

2 komentar:

  1. Makasih kak ini bantu banget. O ya kak aku sekarang kelas 12 sma pingin lanjut ke sastra jerman tapi aku anak ipa kira2 gimana peluangnya kak? apa di semester2 awal dituntut buat lancar berbahasa jerman? kemampuan bahasa jermanku masih sedikit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sastra Jerman, bahasanya dipelajari dari awal dan di kelas diajarin masih pakai campur bahasa Indonesia & Jerman. Semoga membantu :)

      Hapus