20.7.10

Why Cornflower??

Karena cornflower adalah bunga favorit saya, yang sejujurnya belum pernah saya pegang apalagi lihat dengan mata kepala sendiri.

Lalu apa alasan saya menyukai cornflower?

Saya tidak punya hobi berkebun, tetapi saya sangat suka bunga. Dulu seperti kebanyakan orang, saya sangat suka mawar dan sakura. Tetapi setelah mengetahui lebih banyak tentang cornflower, saya jadi lebih suka bunga ini. Sedikit cerita tentang cornflower tersirat dalam puisi (sebenarnya mau saya bikin lagu, tapi saya belum menemukan nadanya) saya yang berjudul "Centaurea" ---> postingan sebelumnya tuh ^^

Centaurea (cyanus) adalah nama latin dari cornflower biru, spesies cornflower yang paling saya sukai. Bunga ini berasal dari Eropa dan termasuk dalam kelompok bunga yang memiliki warna biru murni dari pigmen protocyanin. Tinggi batangnya kira-kira 16-35 inci dan umumnya tumbuh liar di ladang jagung, gandum, dll. Cornflower termasuk tanaman langka yang dilindungi.

Alasan pertama saya, sederhana saja, karena saya suka warna biru. Alasan kedua saya dapatkan setelah mengetahui lebih lanjut mengenai bunga ini. Cornflower terkenal dalam sejarah (khususnya sejarah Jerman ---> land of my dream :)). Sesuai bait pertama puisi "Centaurea", bunga ini konon berhasil menyelamatkan anak-anak Ratu Louise dari Prussia yang disembunyikan ibunya di padang cornflower ketika melarikan diri dari Berlin dan dikejar oleh pasukan Napoleon. Karenanya, cornflower dijadikan simbol kerajaan Prussia khususnya karena warnanya sama dengan seragam tentara kerajaan. Setelah penyatuan Jerman tahun 1875, cornflower dijadikan bunga nasional Jerman.

Cornflower tidak hanya menjadi bunga nasional Jerman, tetapi juga Estonia. Di negara-negara Skandinavia, bunga ini diambil sebagai simbol salah satu partai politik.
Beberapa tokoh dunia sangat menyukai bunga ini. Bunga ini menjadi favorit Kaisar Wilhelm I, anak dari Ratu Louise. Di jaman modern, John F. Kennedy juga mengambil cornflower sebagai bunga favoritnya.

Dua bait terakhir puisi "Centaurea" menceritakan alasan yang lain. Cornflower dikenal sebagai Blaue Blume atau bunga biru dalam sejarah kesusastraan Jerman zaman Romantik karena dianggap menginspirasi karya-karya pada masa itu.
Blaue Blume adalah simbol utama zaman Romantik yang berarti hasrat, cinta dan perjuangan metafisikal untuk sesuatu yang abadi dan tidak terjangkau. Banyak sastrawan bahkan di luar Jerman yang karya-karyanya terinspirasi dari sang bunga biru.

Dalam cerita rakyat, dikisahkan bahwa cornflower dipakai oleh para pria yang sedang jatuh cinta, jika warna birunya menghilang terlalu cepat, maka itu disimbolkan bahwa cinta sang pria tidak terbalas.

Cerita yang menarik di balik bunga inilah yang membuat saya sangat menyukainya. Bahkan saya bermimpi di masa depan nanti akan menggunakan bunga ini di pesta pernikahan. Hehee...^^

Seperti cornflower yang memiliki banyak cerita menarik dan memiliki kemampuan menyembunyikan sesuatu dengan baik, saya ingin blog ini juga akan terisi dengan cerita dan rahasia menarik dari saya :)

5 komentar:

  1. bunga yang indah,,,, :)
    kalau saya suka dandelion

    BalasHapus
  2. Cornflower juga punya manfaat untuk kesehatan dan digunakan untuk menyembuhkan mata merah,eczema,manfaat menenangkan, dan menghilangkan lingkaran hitamdibawah mata. Cornflower juga bunga kesukaan saya loh... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihh ada yang sama kesukaannya. Biasanya kalau orang di Indonesia tahu bunga ini kesukaan saya, mereka suka nggak tahu ini bunga apa..

      Hapus
  3. be2rpa hari yg lalu sya dapat bibit tanaman hias cornflower dari sepupu sya tpi, sya sdah searching media tanam yg tepat. Beberapa kali sepupu sya menyemai bibit dan gagal tumbuh. Tlong infonya ke email sya samsulriadi_rosdu@yahoo.com . Trims sbelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kebetulan belum pernah coba tanam di sini, jadi gak tahu media yang cocok apa. Terima kasih.

      Hapus