8.6.12

Dienstag und Mittwoch (koreksi untuk artikel nama-nama hari dalam bahasa Jerman)

Halo semuanya, sebelumnya saya sudah pernah posting di blog ini tentang asal-usul nama-nama hari dalam bahasa Jerman. Sila lihat lewat link ini: http://mysecretcornflowerfield.blogspot.com/2011/03/die-tage-und-die-geschichte-asal-usul.html

Kalau dibaca ulang, di posting itu saya meninggalkan beberapa pertanyaan khususnya pada keterangan untuk hari Selasa (Dienstag) dan Rabu (Mittwoch). Postingan ini akan menjawab pertanyaan itu. Seorang teman asal Jerman yang juga berkuliah di jurusan Germanistik dan sudah master tentang mitologi Jerman/Norse adalah sumber informasi yang saya dapatkan :) Danke fuer ihn ^^ hahaa...

Dienstag
Pada artikel sebelumnya saya menuliskan bahwa kata Dienstag berasal dari bahasa Jerman artinya Assembly Day atau hari untuk berkumpul. Rupanya keterangan tersebut kurang tepat, karena sesungguhnya nama Dienstag masih berakar dari nama dewa Tyr. Tyr dalam bahasa Jerman dikenal dengan nama Tiwaz. Menurut keyakinan bangsa Jerman kuno, Tiwaz adalah Beschutzer des Ding ( = dewa pemilik dan pelindung benda-benda di bumi). Ding yang artinya benda berubah bentuk menjadi Dien, yang akhirnya membentuk kata "Dienstag".

Mittwoch
Nama asli dari Mittwoch adalah Wodenstag yang berasal dari nama dewa tertinggi bangsa Germania yaitu Wodan/Odin. Sampai sekarang semua negara berbahasa Germanik menggunakan nama hari yang berakar dari nama sang dewa untuk hari Rabu. Namun di Jerman terjadi perubahan pada abad ke-10. Hal ini dikarenakan misionaris dari gereja-gereja mulai menyebarkan ajaran Kristiani. Para raja juga sudah mulai memeluk agama baru ini dan untuk menghindari semakin berakarnya paganisme di masyarakat Jerman kuno maka Wodenstag diganti dengan Mittwoch yang artinya hari yang terletak di tengah-tengah minggu (in der Mitte der Woche).

Demikian revisi untuk artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat :))

2 komentar:

  1. Wah.. Das finde ich interessant. Die Informationen sind gut für Menschen, die Deutsch und Deutschland lieben. Jetzt hab ich ein bisschen über Norse gewusst.
    Salam kenal yaaa...
    Liebe Grüße aus Bandung :)

    BalasHapus
  2. Hallo :) Danke fuer deinen Kommentar ^^ Ich freue mich darauf, dir kennenzulernen :D

    BalasHapus