21.12.11

JAUH SEBELUM WEIMARER REPUBLIK...

- 1848 à Revolusi Maret yaitu usaha menyatukan Jerman jadi satu nation. Mengalami kebingungan karena:  (1) apakah akan menyatukan Jerman besar (semua wilayah berbahasa Jerman termasuk Austria) atau Jerman kecil (tanpa Austria). Untuk menyatukan Jerman besar sangat sulit karena Austria-Hungaria adalah negara yang multiras dan dipimpin oleh wangsa Habsburg yg tidak ingin tunduk di bawah Prussia. (2) apakah akan berbentuk monarki atau republik. Sebagian besar bangsa Jerman yang terpengaruh oleh semangat revolusi Prancis ingin mengganti sistem monarki absolut dengan republik yg demokratis.

- Maret 1848-1849: dibentuk parlemen sementara di Paulskirche, Frankfurt am Main yg akan membahas ttg penyatuan Jerman ini à usaha menjadikan Jerman yg demokratis. Keputusan: sistem tetap monarki tetapi konstitusional, jadi kaisar Jerman bersatu harus bertindak sebagai pelaksana kehendak rakyat, bukan lagi berkuasa mutlak karena anugerah Tuhan. Hal ini ditolak oleh kaisar Friedrich Wilhelm IV maka revolusi Maret gagal.

- Jerman akhirnya mengutamakan penyatuan wilayah dulu dibanding perubahan sistem. Hal ini mengakibatkan perang dengan Austria dan negara2 lain spt Bayern, Sachsen dan Wuerttemberg juga tindakan semena2 thdp bangsa2 lain yg berada di wilayah yg dikuasai Jerman spt Denmark dan Polandia.

Otto von Bismarck

- Jerman disatukan di bawah pemerintahan Otto von Bismarck sebagai perdana menteri (kanselir) Jerman. Konstitusi Prussia à menyatukan Jerman kecil, tanpa Austria tetapi dengan negara2 lain spt Bayern, Sachsen dan Wuerttemberg. Hal ini disetujui seluruh Jerman, maka Jerman mengutamakan persatuan di atas kebebasan karena saat itu bentuk pemerintahan masih monarki (Reich) dengan kaisar Wilhelm II sbg pemimpin negara.

- Otto von Bismarck memerintah dgn tangan besi dan mengendalikan segala aktivitas pihak-pihak yg berlawanan dgn kekaisaran Prussia.

Perang Dunia I (1914-1918)

- Akibat kebijakan luar negeri Kaisar Wilhelm II yg berniat mendukung Austria berperang dgn blok sekutu maka pecah Perang Dunia I.

- Jerman kalah perang dan dipaksa menandatangani Perjanjian Versailles.

- Perjanjian Versailles sangat merugikan Jerman karena:
1. Jerman harus membayar biaya kerugian perang baik milik sendiri maupun negara2 yg diserang.
2. Jerman harus kehilangan wilayah2 yg didudukinya seperti Polandia, Tirol Selatan, dll.
3. Jerman yg sudah berniat bersatu dgn Austria (di mana wangsa Habsburg sudah runtuh sehingga tidak ada lagi halangan utk menyatukan Jerman besar) dilarang untuk bersatu.
4. Militer Jerman harus dibatasi jumlahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar