21.3.11

die Tage und die Geschichte (asal usul nama-nama hari dalam bahasa Jerman)

Akhirnya setelah penelusuran beberapa saat ketemu juga nih soal asal-usul nama-nama hari dalam bahasa Jerman. Awalnya saya tertarik gara-gara baca Mitologi Norse yang memang ada hubungannya dengan nama-nama hari ini. Lalu ketika disebutkan di dalam website tentang Mitologi Norse (http://www.timelessmyth.com/) yang saya baca tentang hari-hari ini, saya jadi ingin menelusuri lebih lanjut dan akhirnya ketemu juga jawabannya :D


Nama-nama hari di Jerman adalah sebagai berikut: Sonntag, Montag, Dienstag, Mittwoch, Donnerstag, Freitag, dan Samstag. Walau begitu beberapa nama hari dalam bahasa Jerman ada yang mengalami perubahan dari nama aslinya. Pada awalnya, nama-nama hari di Jerman memperoleh namanya dari nama dewa-dewi yang dipuja bangsa-bangsa Germania. Sistem penamaan ini mungkin terinspirasi dari bangsa Romawi yang juga menamakan hari-hari menggunakan nama dewa-dewi pujaan mereka. Hal ini khususnya tampak dari nama-nama dewa-dewi yang diambil oleh bangsa Germania yang merupakan padanan dari dewa-dewi Romawi yang dijadikan nama-nama hari. Namun ada sedikit perbedaan karena dalam bahasa Latin, nama dewa-dewi mereka sama dengan nama planet sehingga dalam bahasa Latin, nama-nama hari juga dapat dikatakan berasal dari nama-nama planet termasuk matahari dan bulan. Sementara dalam bahasa Jerman, nama dewa-dewi mereka tidak sama dengan nama planet-planet.


Berikut ini adalah nama-nama hari yang asli di Jerman (sebelum mengalami perubahan) beserta artinya:


1. Sonntag = Minggu
Nama Sonntag berasal dari nama dewi matahari bangsa Germania, yaitu "Sunna". Dalam Mitologi Norse, Sunna disebut juga Sol. Dalam mitologi Jerman, Sunna atau Sol juga disebut Ostara. Matahari yang identik dengan datangnya musim semi, disambut dengan suatu festival di Eisenach yang menghadirkan sosok Frau Sunna atau jelmaan dewi matahari. Sementara itu, dari nama Ostara-lah bahasa Jerman untuk Paskah berasal. Paskah dalam bahasa Jerman disebut Ostern, karena perayaan ini identik dengan musim semi dan kebangkitan/kehidupan. Matahari merupakan salah satu simbol dari kebangkitan/kehidupan ini.


2. Montag = Senin
Nama Montag berasal dari dewa bulan Moon, atau dalam mitologi Jerman dikenal dengan nama Mani. Mani adalah saudara laki-laki dari Sol atau Sunna. 


3. Dienstag = Selasa
Dienstag berarti hari untuk berkumpul (Assembly Day). Saya belum menemukan mengapa ia disebut hari untuk berkumpul, mungkin ada suatu kebiasaan dalam sejarah yang terkait dengan hari ini. Namun, Dienstag bukanlah nama asli untuk hari Selasa. Pada awalnya nama untuk hari ini adalah Ziostag. Ziostag adalah bentukan dari Tiwazdaeg, yang berasal dari nama dewa perang dan keadilan bangsa Germania yaitu Tiwaz atau yang dalam mitologi Norse dikenal sebagai Tyr. Pada bangsa Romawi, padanan untuk dewa ini adalah Mars dan hari Selasa dalam bahasa Latin adalah Dies Martis.


4. Mittwoch = Rabu
Mittwoch berasal dari dua kata yaitu Mitte (tengah) dan Woche (minggu) yang berarti tengah minggu. Mittwoch merupakan nama pengganti yang dianggap lebih mudah oleh bangsa Jerman untuk menggantikan nama asli hari ini yaitu Wodenstag. Pergantian ini terjadi pada abad ke 10 ketika hari Minggu ditetapkan dengan pasti sebagai awal periode 7 hari (minggu). Wodenstag berasal dari nama dewa tertinggi bangsa Germania yaitu Wodan atau yang dalam mitologi Norse dikenal dengan nama Odin. 


5. Donnerstag = Kamis
Donnerstag berasal dari nama dewa petir bangsa Germania yaitu Donar, atau dalam mitologi dikenal dengan nama Thor. Donar dikisahkan memiliki sebuah palu raksasa yang jika dipukulkan dapat menimbulkan kilat dan petir yang menggelegar. Donar dipadankan dengan dewa Jupiter dalam kepercayaan Romawi, sekalipun ia tidak sama dengan Jupiter yang merupakan dewa tertinggi bangsa Romawi. Donar bukanlah dewa tertinggi bangsa Germania.


6. Freitag = Jumat
Dalam bahasa Jerman kuno (Althochdeutsch) disebut Frigedag, berasal dari nama dewi Frigga, istri dari dewa Wodan. Tetapi ada pula yang beranggapan bahwa nama Freitag berasal dari nama dewi cinta, kecantikan dan kesuburan bangsa Germania dan Skandinavia yaitu Freyja. Seringkali dalam mitologi Jerman, Frigga dan Freyja dianggap sebagai sosok yang sama. Dalam legenda Jerman, keduanya disimbolkan dalam sosok Frau Holle atau Holda, roh yang dianggap memberkahi manusia dengan kesuburan dan kecantikan. Padanan dewi ini dalam kepercayaan Romawi adalah Venus.


7. Samstag = Sabtu
Samstag berasal dari kata bahasa Jerman kuno (Althochdeutsch) yaitu Sambaz tac. Dikatakan bahwa nama ini berasal dari bahasa Perancis, Samedi yang berarti hari Sabat. Hari Sabat dalam kebudayaan Yahudi merupakan hari terakhir dalam satu minggu di mana orang tidak boleh mengerjakan apa-apa selain berdoa kepada Tuhan. Namun ada pula yang mengatakan nama Sambaz tac berasal dari bahasa Latin, Dies Saturni, yaitu hari Saturnus.


Demikianlah sedikit info tentang asal-usul nama hari dalam bahasa Jerman. Maaf jika ada kekurangan dalam pembahasannya ^^ Maklum, pengetahuan linguistik penulis masih terbatas nih heheehehee...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar