18.3.11

Linden: Pohon Sejuta Cerita

Judulnya lebay... sebenarnya nggak seheboh itu sih tapi di artikel kali ini saya mau bahas tentang pohon Linden. Kenapa saya tertarik membahasnya? Lagi-lagi bukan karena hobi berkebun atau suka dunia botani, saya hanya tertarik dengan cerita-cerita di balik pohon ini, sama seperti cornflower di awal blog ini.


Linden atau diterjemahkan dengan nama Tilia dalam bahasa Indonesia adalah sebuah pohon yang berasal dari wilayah Eropa tengah dan timur. Nama latinnya adalah Tilia platyphyllos. Pohon Linden merupakan salah satu jenis pohon yang sering tumbuh di hutan musim dan hutan homogen di wilayah pegunungan bagian tengah (tidak terlalu tinggi). Tinggi pohon ini dapat mencapai 40 meter dan diameter batangnya sekitar 1,8 meter. Warna daunnya hijau tua dan berbentuk hati. Lebar daun sekitar 6-15 cm. Pohon Linden berbunga pada bulan Juni dan bunganya berwarna putih kehijauan. Pohon ini dapat tumbuh sampai berumur ratusan tahun.

Unter der Linden di Berlin

Pohon Linden merupakan salah satu pohon yang multifungsi. Pada umumnya ia ditanam sebagai pembatas jalan atau penghias taman seperti yang terdapat pada salah satu jalan utama di Berlin yang bernama Unter der Linden. Bunganya menghasilkan banyak madu yang manis untuk makanan lebah. Kayunya juga sangat berguna untuk kayu bakar dan merupakan salah satu pohon yang baik untuk ditebang karena ia dapat tumbuh dengan cepat. Pucuk-pucuk mudanya yang lembut juga seringkali dimasak sebagai salad. Konon katanya pohon ini juga dapat menyembuhkan penyakit epilepsi dan bunganya sering diseduh dalam teh untuk minuman relaksasi. Pada abad pertengahan, kayu pohon Linden digunakan untuk seni ukir dan pembuatan patung.

Dalam bidang budaya, pohon Linden dijadikan sebagai penanda pusat kota atau desa. Tradisi ini berawal dari zaman dahulu kala dan sekarang pohon-pohon yang berusia ratusan tahun ini dapat ditemukan di beberapa pusat kota-kota tua di Jerman. Di bawah pohon inilah para warga kota dan desa berkumpul dan mengadakan pesta. Mereka menari di bawah pohon ini sehingga ada sebuah jenis pohon Linden di Jerman yang dikenal dengan nama Tanzlinden (Tanz = Tarian). Seringkali setelah berakhirnya suatu perang atau wabah penyakit, penduduk kota atau desa menanam pohon Linden yang dianggap sebagai simbol perdamaian. Salah satunya adalah ketika Perjanjian Westphalia yang mengakhiri perang 30 tahun di Jerman ditandatangani. Selain dua hal di atas, pohon Linden digunakan untuk tempat pertemuan para penduduk dan tempat melangsungkan upacara pernikahan.

daun Linden berbentuk hati

Dalam mitologi Teutonic atau Norse, pohon Linden dianggap (atau didedikasikan) sebagai dewi Freyja (atau Frau Holle), dewi cinta, kecantikan dan kesuburan. Mungkin karena daunnya yang berbentuk hati? Atau karena kecenderungan bahwa pada abad pertengahan, pohon ini sering digunakan para pasangan untuk duduk di bawahnya sembari memadu kasih. Karena dedikasi ini pula (mungkin) masyarakat menganggap pohon ini berjenis kelamin perempuan. Maka dalam bahasa Jerman disebut die Linden. Sementara itu pohon oak yang sering ditemukan tumbuh dekat pohon Linden didedikasikan untuk Thor, dewa petir.
Pohon Linden yang sangat besar dan tua

Mitos ini lain lagi dalam mitologi Yunani. Dikisahkan bahwa Zeus dan Hermes yang menyamar untuk turun ke dunia manusia dan melihat apa yang dilakukan manusia mencari tempat tinggal. Tidak ada seorang pun yang bersedia menerima mereka kecuali pasangan suami istri Philemon dan Baucis. Pasangan ini kemudian diberi hadiah sesuai permintaan mereka. Karena mereka meminta untuk tidak melihat pasangannya mati lebih dulu maka ketika keduanya mati, Philemon dijadikan pohon oak dan Baucis sebagai pohon Linden. Karena itu sampai sekarang kedua pohon ini sering ditemukan tumbuh berdekatan. Karena cerita ini juga, pohon Linden menjadi simbol cinta, kebaikan hati, persahabatan dan keramahan.

Dalam mitologi Celtic ada kisah lain lagi. Pohon Linden dianggap dapat memberikan kebijaksanaan dan keadilan maka suatu pengadilan terbuka di masa abad pertengahan seringkali dilakukan di bawah pohon ini. Kepercayaan ini juga terdapat di Jerman maka pada abad pertengahan pun pengadilan desa di Jerman dilakukan di bawah pohon Linden.

Pohon Linden di musim dingin

Pohon Linden sangat populer dalam seni sastra khususnya kesusastraan Jerman. Pohon Linden banyak disebut dalam puisi maupun prosa. Minnelied (syair/lirik cinta yang populer di Jerman pada abad pertengahan) karangan penyair ternama Walther von der Vogelweide berjudul Under der Linden. Syair ini mengisahkan tentang seorang gadis desa yang menceritakan pengalamannya bercinta dengan seorang ksatria di bawah pohon Linden.

Under der linden an der heide
Da unser zweier bette was
Da mugt ir vinden schone beide
Gebrochen bluomen unde gras
Vor dem walder in einem tal
Tandaradei!
Schone sanc diu nahtegall

Kemudian Bettina Brentano, saudara perempuan dari Clemens Brentano pun menulis pada saudara laki-lakinya sebagai berikut:

Die Linden blühen, Clemente, und der Abendwind schüttelt sich in ihren Zweigen. Wer bin ich, daß ihr mir all euren Duft zuweht, ihr Linden? Ach, sagen die Linden, Du gehst so einsam zwischen unseren Stämmen herum und umfaßt unsre Stämme, als wenn wir Menschen wären, da sprechen wir dich an mit unserm Duft.
Sebuah puisi karangan Wilhelm Mueller yang juga dibuat musikalisasi oleh Franz Schubert yang berjudul Am Brunnen vor der Tore juga menyebutkan pohon ini.
Am Brunnen vor dem Tore, da steht ein Lindenbaum: ich träumt in seinem Schatten so manchen süßen Traum; ich schnitt in seine Rinde so manches liebe Wort; es zog in Freud und Leide zu ihm mich immer fort.“
Bahkan sastrawan nomor satu Jerman, Johann Wolfgang von Goethe pun menuliskan dalam salah satu briefromannya, Die Leiden des Jungen Werthers bahwa sang tokoh utama cerita, Werther sangat menyukai pohon Linden dan meminta ketika meninggal dikuburkan di bawah pohon ini.

Menarik bukan??


4 komentar:

  1. Menarik sekali mba,.....mengupas Pohon Linden dari sisi yang berbeda. Ijin untuk menggunakan image Linden in Winternya ya mba buat blog saya yang kebetulan menulis topik yang sama.

    Salam kenal

    BalasHapus
  2. Menarik Mbak, mari Menanam Pohon disinis di Indonesia ! Sekarang semakin menarik karena ada program revolusioner, "MENANAM POHON SEKALIGUS MENDAPATKAN MANFAAT EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"


    Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

    BalasHapus