23.5.11

PKJ: Deutschland, Ein Wintermaerchen dan Revolusi Industri

LATAR BELAKANG ZAMAN

-Revolusi Industri (perubahan secara cepat di bidang industri), dimulai di Inggris sekitar abad 19. Dikatakan bahwa pemicu awal munculnya Revolusi Industri adalah penemuan mesin uap dari James Watt.
-Yang terjadi pd masa Revolusi Industri:
1.       Penggantian tenaga manusia dgn mesin
2.       Pengangguran (krn tenaga manusia diganti mesin)
3.       Kapitalisme : sebuah sistem ekonomi yg memberikan kebebasan (hak) bagi siapapun yg memiliki modal utk membuka usaha. Merupakan sistem ekonomi yg berat karena ternyata tidak hanya sekedar modal saja yg diperlukan melainkan juga keterampilan, skill, dll. yg menimbulkan persaingan ketat di masyarakat.
---> Kapitalisme menghilangkan Feodalisme (akibat kebijakan Landreform/restrukturisasi bagi para petani yg dibuat Napoleon ---> diterapkan juga di negara2 yg diekspansinya). Kebijakan Landreform membuat petani: digaji dgn uang, tdk terikat tuan tanah tp bebas kerja di mana saja, punya hak. Walau demikian kaum petani ini ttp sengsara karena gaji mereka sgt kecil.
4.       Urbanisasi : dibangunnya jaringan rel kereta api di Eropa (trmasuk Jerman) telah memudahkan akses manusia untuk berpindah tempat. Banyak petani2 miskin di desa tertarik pindah ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yg lebih baik. Kenyataannya jumlah lapangan kerja tdk sebanyak pencari kerja sehingga pengangguran terjadi di mana2.

DEUTSCHLAND, EIN WINTERMÄRCHEN

- Sebuah tulisan karya Heinrich Heine yg ditulis pada tahun 1844
- Dianggap Heine sebagai “dongeng musim dingin”. Dongeng, cirinya: fantasi, tdk masuk akal, ada pesan moral. Musim dingin diasosiasikan dgn: kesulitan, penderitaan, kegelapan, masa suram.
- Menceritakan perjalanan khayalan Heine dari Prancis ke Jerman dalam rangka mengunjungi ibunya, di sana ia bertemu dan melewati kota2 yg satu persatu menggambarkan hal-hal yg dikritiknya.
- Bentuk: puisi/lirik dlm 27 Kaput
- Isi         : kritik satire atas penyebab keadaan Jerman di masa itu à pemerintahan absolutismus.
- Yang dikritik Heine:
1) Jerman yg dianggap belum berbuat apa2, tdk inovatif sbg bangsa. Heine membandingkan dgn Prancis (revolusi pemerintahan) dan Inggris (revolusi industri) sementara Jerman masih memegang dan melestarikan nilai2 lama yg bertentangan dgn semangat revolusi Eropa. Kritik ini digambarkan lewat pembangunan Kolner Dom yg tdk selesai2. Kolner Dom = gereja katedral yg sangat besar di Koln à simbol institusi yg telah mengakar, konvensional, sejak zaman mittelalter dan tidak menunjukkan progresi.
2) Monarki absolut di Jerman
3) Jerman yg hanya bisa berpikir namun tanpa tindakan (dibuktikan dgn banyak filsuf)
4) Kebebasan berkarya yg sgt terbatas di Jerman
5) Ketidaksejahteraan buruh akibat Revolusi Industri à digambarkan dgn pekerja2 di wilayah Westfallen.
Kesemua permasalahan di atas dianggap Heine tdk ditanggapi secara serius o/ pemerintah à tdk ada solusi dr partai/pemerintah yg membuat UU kesejahteraan buruh.
- Heine adalah seorang sastrawan dari keluarga kaya Yahudi dan banyak menulis kritik atas pemerintah dan negara sehingga karya2nya banyak yg dilarang terbit dan disensor.
- Karya Heine memicu: pergerakan buruh, perjuangan akan hak2 buruh, dibuatnya UU perlindungan buruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar